Langsung ke konten utama

Pulau Punten, Tumbak Madani Sangat Memukau

Taman laut tumbak mulai mendunia karena banyak wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi lokasi tersebut.

Pemerhati dan pelaku pariwisata di Posumaen, Mario Lontaan, di Ratahan, Minggu mengatakan, Taman Laut Tumbak yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, tepatnya di Kecamatan Posumaen ini bahkan telah tersohor di luar Sulut, karena keindahan bawah lautnya. 


"Bahkan ada yang menyebutkan taman laut Tumbak ini, merupakan taman laut terluas di Sulut, dengan berbagai koleksi karang dan jenis ikan, makanya banyak peneliti dari Eropa seperti dari Prancis rutin melakukan penelitian di taman laut ini," katanya.

Bagi sebagian warga Sulawesi Utara (Sulut) mungkin tak banyak warganya mengetahui jika kawasan pantai selatan wilayah ini mempunyai taman laut yang memiliki keindahan dan telah mendunia.

Koleksi taman laut Tumbak berbagai macam dari hardcoral, dan softcoral yang sangat luas, termasuk hutan kipas laut yang luasnya sekira 300 meter, dan memiliki 20 spot snorkling dan diving.

Selain hamparan karang laut, yang membuat Taman Laut Tumbak mempunyai karakteristik, yakni adanya gugusan beberapa pulau berpasir putih, seperti Pulau Punten, Pulau Baling Baling, Pulau Tumbak.

"Bagi yang suka snorkling, tak harus ke tengah laut, karena di pinggir pulau sudah terlihat ikan maupun keindahan karang-karang yang ada di taman laut. Tapi ada juga hanya ingin santai di pulau karena pasir putihnya, dan jernihnya air laut," terangnya.

Selain itu, di beberapa titik sekitar taman laut, terdapat beberapa pantai berpasir putih yang belum tersentuh para wisatawan, dan hutan mangrove yang berjejer di tepi pantai.

"Jadi ada beberapa pilihan bagi para wisatawan jika ingin berkunjung, selain keindahan bawah laut, ada juga gugusan pulau dan pantai berpasi putih. Makanya jika ada yang ingin menikmati keindahan di daerah ini ada juga penginapan yang disiapkan," tuturnya.

Menuju ke Taman Laut Tumbak, dari arah Kota Manado cukup menggunakan mobil memakan waktu dua jam, ke Ibu kota Minahasa Tenggara Ratahan. Kemudian perjalan dilanjutkan perjalanan dengan mobil 45 menit ke Posumaen.

"Apalagi saat ini fasilitas penunjangnya seperti jalan-jalan penghubung, sudah disiapkan pemerintah sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke wilayah ini.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kehidupan Sosial Masyarakat Tumbak Madani

Tingginya keanekaragaman hayati di wilayah pesisir dan lautan Indonesia merupakan harta yang sangat berharga untuk menunjang kehidupan manusia. Kekayaan dan keindahan wilayah laut dan pesisir dapat dimanfaatkan sebagai sumberdaya yang amat penting untuk perikanan dan pariwisata. Berpuluh juta orang khususnya nelayan, menggantungkan hidupnya dari sumberdaya laut dan pesisir (Puspitaningasih, 2012). Potensi sumberdaya di Sulawesi Utara yang kaya potensi sumberdaya pesisir dan lautan dapat memberikan kesempatan untuk berkembang usaha perikanan maupun pariwisata didaerah ini. Keadaan laut di Desa Tumbak Madani juga berperan besar dalam sektor perikanan dan juga sektor pariwisata yang belum termanfaatkan secara maksimal.  Ada beberapa jenis sumberdaya bernilai ekonomis penting yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat nelayan di kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil seperti kayu bakau, moluska, terumbu karang dan ikan. Peralatan penangkapan ikan yang digunakan oleh sebagian besar nelay

Pulau Punten (Ponteng) Tumbak Madani

RATAHAN (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap mengatakan, pihaknya akan menata obyek pariwisata Pulau Baling-Baling dan Pulau Punten, Desa Tumbak Madani, Kecamatan Posumaen. Ia melihat langsung keindahan pulau tersebut. Ia menyatakan, keindahan eksotis laut yang dimiliki kedua pulau itu. Eksotika bawah laut menarik perhatian dan dangat layak untuk dikembangkan. "Jangan mengaku pernah datang di Mitra jika belum melihat keindahan pulau Baling-baling dan Punten di Tumbak Madani," ujar Sumendap. Ia berjanji Baling-Baling dan Punten akan dijadikan pusat pengembangan pariwisata, selain Pantai Lakban dan Pantai Bentenan.  "Pulau Baling-baling akan jadi icon Mitra. Sebab, tanpa disadari, keindahan Pulau Baling-baling dan Punten sudah menarik perhatian para touris mancanegara. Khususnya Eropa. Sudah banyak contohnya turis suka kedua pulau ini. Sampai-sampai ada yang rela datang jauh-jauh hanya untuk ber-selfie di Tumbak ini," tam